Jurus Ampuh Menciptakan Loyalitas Pelanggan


Apapun jenis usaha atau bisnis anda, maka tidak dapat terlepas dari dua unsur yaitu penjaul dan pembeli.Ada pepatah mengatakan bahwa konsumen adalah raja. Pepatah itu menurut saya masih sangat relevan dengan kondisi sekarang dan bahkan bersifat abadi. Penjual tidak akan bisa menjual kalau tidak ada pembeli, begitupun sebaliknya pembeli tidak akan dapat memenuhi segala keperluannya kalau tidak ada penjual.


Menurut saya upaya mempertahankan pelanggan jauh lebih sulit daripada mendapatkan pelanggan baru. Setiap kegiatan usaha atau bisnis akan berlomba-lomba mempertahankan pelanggan dengan berbagai cara agar sang pelanggan tidak pindah menjadi pelanggan di tempat lain. Perlakuan konsumen sebagai raja lebih banyak dirasakan oleh jenis jenis usaha yang bergerak di bidang jasa. Mari kita lihat bagaimana suatu bank, antara bank yang satu dengan bank yang lainnya berlomba-lomba memberikan pelayanan kepada nasabahnya dengan sebaik-baiknya. Mulai dengan membukakan pintu masuk, ucapan "selamat pagi pak... bu...", wajah petugas yang ramah penuh senyum dari satpam sampai teller,sampai dengan hal-hal penawaran bantuan-bantuan lainnya. 

Kemudian kita lihat juga bagaimana sebuah dealer mobil memberikan seervis kepada pelanggan, mulai dengan membukakan pintu masuk dengan wajah yang ramah, memberikan berbagai penjelasan mengenai suatu produk atau jasa yang mereka jual, memberikan ucapan selamat sampai dengan mengantarntarkan kembali ke pintu keluar pada saat sang pelanggan pulang. Cara - cara semacam itu merupakan sebuah upaya untuk merebut hati para pelanggan untuk bisa menjadi pelanggan yang loyal. Kalau mau bertahan di dunia bisnis memang seperti itulah tuntutannya.

Bagi anda yang mempunyai usaha atau bisnis,ada cara ampuh untuk mempertahankan pelanggan agar selalu kembali datang ke kita. Inilah caranya :


1. Bersikaplah ramah dengan tulus.Sapalah konsumen dengan senyum tulus.kita harus mendapatkan kesan pertama yang ramah dan sopan.Ingat kesan pertama begitu berharga.


2. Tanyakan apa kebutuhannya. Kita harus aktif menanyakan terlebih dahulu apa kebutuhan pelanggan dengan ucapan “ada yang perlu saya bantu?”.


3. Berikanlah kualitas produk terbaik. Jangan sekali-kali menjual barang yang tidak jelas kualitasnya. Agar tidak tercipta image buruk terhadap produk atau perusahaan kita.


4. Berikanlah harga yang sewajarnya. Pada tingkat persaingan yang ketat harga suatu produk atau layanan akan menjadi penentu. Untuk membeli sesuatu pelanggan biasanya memilih-milih tempat mana yang lebih murah. Berikan mereka dengan harga yang sewajarnya tapi tetap dibarengi dengan kualitas yang baik, biasanya pelanggan akan kembali lagi ke tempat kita.


5. Tepatilah Janji. Usahakan setiap janji yang kita berikan kepada konsumen selalu ditepati. Jangan sekali-kali kita memberikan janji kepada pelanggan kalau memang kita tidak bisa memenuhinya. Hindari jangan sampai konsumen mondar mandir ke tempat kita hanya karena janji yang tidakbisa kita tepati, waktu mereka akan terbuang gara-gara janji kita yang tidak tepat. Konsumen akan kecewa, ujung-ujungnya kita kehilangan pelanggan.


6. Ciptakanlah suasana kekeluargaan. Pada saat kita melayani pelanggan, jangan terlalu berfokus pada hasil penjualanan. Maksud saya, libatkanlah pelanggan dalam suatu obrolan yang ringan-ringan, misalnya menanyakan tempat tinggal atau bisa juga menanyakan tentang keluarga mereka.


7. Bentuklah ikatan psikologis.Untuk menciptakan ikatan batin saya lakukan dengan cara memberikan ucapan pada momen-momen tertentu, misalnya ucapan selamat ulang tahun, selamat hari raya dan sebagainya. Cukup dengan cara kirim sms. Cara ini cukup ampuh karena pelanggan merasa diperhatikan. Apabila ikatan batin
sudah terbentuk maka sulit bagi konsumen untuk pindah ke tempat lain.


Jurus - jurus diatas saya lakukan untuk mempertahankan pelanggan. Konsep ini selalu saya pertahankan karena saya mempunyai prinsip bahwa pelanggan adalah nyawa bisnis saya. Cukup sederhana namun hasilnya sangat baik untuk bisnis saya hingga bisa bertahan sampai sekarang. 

Bagaimana dengan anda? Mungkin punya pengalaman serupa dengan pelanggan?Silahkan berbagi dengan comment dibawah,dan bila anda berminat untuk bergabung dengan bisnis saya silahkan kunjungi www.bisniswanitacerdas.net
Categories: ,

3 comments:

  1. Mungkin kuncinya adalah ...
    Konsistensi ...

    Konsistensi untuk tetap menjaga kondisi produk sesuai dengan apa yang di janjikan ...

    Konsistensi kualitas yang seragam dari satu produk ke produk lainnya

    Konsistensi untuk selalu melebihi ekspektasi konsumen

    Konsistensi upaya untuk membina kedekatan emosional dengan konsumennya

    Demikian

    Salam saya

    ReplyDelete
  2. hmmm.. boleh jg nih tips nya,,
    konsisten ya kunci utama

    ReplyDelete
  3. tips yg bagus nie,,,,,thx ia,,,,,

    ReplyDelete

    Follow Me

    Followers