Mooryati Soedibyo - Panutan Wanita Indonesia

BRAY Mooryati Soedibyo adalah penerima anugerah Best Of The Best Entrepreneur of The Year dari Ernst &Young,wanita satu-satunya eksekutif puncak perusahaan yang hadir di Monte Carlo,Monaco, pada 4-8 Jumi 2003,saat penganugerahan dan pertemuan tahunan Ernst & Young.

Mooryati Soedibyo memang dikenal sebagai pakar dan pelaku indutri jamu terkemuka yang diakui dunia.Ia mampu mengangkat ke permukaan kembali sebuah warisan tradisional nenek moyang dari lingkungan Kraton Jawa yang hampir tergerus, bahkan dilupakan masyarakat sebagai bagian utuh yang tak terpisahkan dari perawatan kesehatan dan kecantikan tubuh.Dalam sentuhan tangannya,jamu merek Mustika Ratu mampu bersaing sejajar,bahkan mengungguli obat - obat klinis kimiawi produksi industri farmasi.

Lahir di  Surakarta, 5 Januari 1928.Ia adalah penggali,pejuang,pelopor dan pelaku industri jamu.Sejak kecil ia hidup dan dibesarkan di lingkungan kraton Surakarta Hadiningrat.Hal itu mrmbuatnya mrnjalani kesehariannya penuh dengan tradisi-tradisi ningrat.Demikian pula, ia tekun mempelajari seni meracik jamu dan perawatan kesehatan,serta kecantikan tradisional jawa.Ia dibimbing secara langsung oleh neneknya dalam mempelajari dan mewarisi pengetahuan memilih tumbuhan berkhasiat,lalu meraciknya untuk merawt kesehatan dan kecantikan tubuh.

Makanya pada usia remaja,Mooryati sudah menguasai teknik tata rias dengan baik.Berkat keuletannya ia mahir dalam hal merias penari-penari yang akan tampil di keraton.Ia sangat cekatan membatu merias para penari bedhaya dan serimp setiap kali penari itu hendak tampil menari di Pendhapa Ageng Keraton Surakarta.Ngadi Saliro Ngadi Busono dan tata krama Jawa juga dikuasainyadengan baik.Ia mahir pula meracik jamu berbahan alami.Karena Kemahirannya ini,timbul ide di benaknya untuk membuat usaha pembuatan jamu.

Mooryati mulai menekuni usaha tersebut,yang awalnya meracik jamu hanya sebagai kegemaran saja,kini berubah menjadi bisnis.Usahanya dirintis pada pertengahan tahun1973.Bermodalkan Rp.25.000,00, ia merintis usaha pembuatan jamunya di garasi rumah bersama cengan dua orang pembantu.Jamu pertama yang dibuatnya adalah mnuman beras kencur,karena proses pembuatannya mudah.


Setelah minuman beras kencur tersebut jadi,ia tidak malu-malu untuk menawrkan kepada teman-teman dekatnya.Tidak jarang pula,ia menawarkan jamu buatannya itu secara langsung door to door kepada masyarakat sekitar.Sambutan teman temannya cukup baik.Mooryai terus mengembangkan usaha jamunya ini.Walaupun ia memiliki pembantu,tetapi ia tidak mau  tanggung-tanggung.Ia pulang pergi untuk membeli bahan baku dalam pembuatan jamunya tersebut.Padahal saat itu,ia telah menikah dengan seorang pegawai ngeri benama Soedibyo Purbo Hadiningrat.

Garasi rumahnya dipenuhi dengan aneka bahan baku pembuatan jamumyang baunya sangat tidak sedap.Tapi,demi cita-citanya,terpaksa mooryati harus merelakan garasinya untuk sementara waktu.Selang dua tahun,ia akhirnya ia mendirikan perusahaan yang lebih baik.

Mooryati mendirikan PT Mustika Ratu,pada tahun 1975.Awalnya PT. Mustika Ratu ini hanya memproduksi 5 macam jamu saja,yaitu Perawatan Remaja Puter,Peawatan wanita,Kesepuhan(menopause),Sepetan Sari (keputihan)dan Sedet Saliro(Pelangsingan tubuh).Disana juga diproduksi beberapa macam osmetik tradidional leluhur,see[rti Air Mawar,Bedak Dingin dan Mangir.

Setelah Dua Tahun,kerja keras Mooryati semakin membuahkan hasil.Pada Tahun 1978,produk - produknya mulai didistribusikan ke salon-salon kecantikan.Banyak pula toko yang menginginkan menjadi agen dari produk-produk Mustika Ratu.Ia pun mendirikan bangunan yang lebih layak,serta membeli peralatan dan mesin agar dapat memproduksi jenis - jenis kosmetik yang berbeda.

Pada tahun 1980an,timbul keinginan mooryati untuk mendirikan sebuah pabrik.Keinginan ni didukung pula oleh karyawan-karyawannya.Akhirnya,ia resmi mendirikan pabrik PT. Mustika Ratu di Caracas, Pasar Rebo,Jakarta timur.Saat itu,pabrinya menampung 150 karyawan.

Selanjutnya,Mooryati melangkah keluar negeri.Mustika Ratu pun melakukan ekspor ke luar negeri,dan mendapat sambutan yang positif dari beberapa negara,seperti Malaysia,Timur Tengah,Australia,Cina,Mesir dan Eropa.Sejumlah penghargaan Internasional pun ia terima.

Mooryati menikah dengan Ir. Soedibyo Purbo Hadiningrat,Msc pada tahun 1956.Pernikahan menandai perubahan hidup puteri keraton cantik dan jelita tersebut dari yang serba dilayani menjadi melayani.Ia juga harus ikut usami bertugas ke Sumatera Utara sebagai kepala Kantor Wilayah Perindustrian.Hal tersebut memberikan kesempatan bagi Moryaati Soe dibyo untuk mengembangkan keterampilan mengolah jamu sebagai pengisi waktu luang penyalur hobi dan obat rindu terhadap leluhur keraton.

Mooryati pun membuat lulur dan jamu yang dibagikan secara gratis kepada istri sejawat suaminya.Hanya demi hobi,ia dengan senang hai berkenan membuatkan jamu Komajaya,Komaratih,Lulur,Mangir,<Parem Lengkap, dan lain sebagainya sebagai pesanan ibu-ibu yang berniat menikahkan anak mereka.Sabagai istri seorang Kakanwil Perindustrian  sekaligu Ketua Umum Rukun istri Departemen Perindustrian(RIAN), ia berhasil membangun hubungan persahabatan secara luas dengan siapapun tanpa batas.

Pada tahun 1975,Mooryati Soedibyo menggagas sekaligus mengajarkan ilmu kecantikan secara tradisional kepada para ahli kecantikan,pemilik salon dan sanggar-sanggar.Usahanya pun semakin berkembang dan jumlah karyawandi perusahaannya bertambah pula.

Pada tahun 1978,produk-produk Mustika Ratu mulai didistribusikan ke toko-toko melalui salon-salon kecantikan yang meminta menjadi agen.Dan,memasuki awal tahun 1980an Mustika Ratu mulai ekspansi mengembangkan jenis-jenis kosmetik tradisional.Masyarakat mulai akrab mengenal dan menggunakan produk-produk kecantikan tradisional keluaran Mustika Ratu,yang gencar di populerkan melalui artikel dan konsultasi kecantikan di majalah,serta melalui kegiatan periklanan di media cetak dan elektronik.

Bagi mooryati,Puteri Keraton Mangkunegaran,Solo,jamu adalah obat untuk memelihara kesehatandan kosmetik untuk merawat kecantikan tubuh.Jaringan Permasaran produk-produk obat kosmetik yang dihasilkan perusahaannya sudah menjangkau mancanegara.Mustika Ratu adalah potret keberhasilan evolusi pengolahan jamu.Jamu Menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup modern.Khasiat jamu yang sedemikian baik menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh,dimunculkan dalam beragam produk dan kemasan yang menarik.

Jamu tetap mempertahankan identitas dan trade mark sebagai jammu.Sebab, disitulah letak kekayaan jamu sbagai warisan nenek moyang yang luhur sekaligus membedakannya dengan obat-obat dan produk kecantikan lain keluaran industri farmasi.Pada jamu terdapat pula pengagungan masyarakat terhadap kepandaian nenkmoyang dalam memelihara tubuh dan kecantikan,yang diwariskan secara turun temurun,khususnya di lingkungan keraton.

Mooryati Soedibyo berhasil menyejajarkan jamunya dengan obat-obat modern.Produk jamu kosmetik tradisioanl Mustika Ratu selalu dipertahankan dibuat dari bahan alami.hampir seluruh produk Mustika Ratu selalu diramu sesuai dengan resp leluhur dan pusaka Keraton Surakarta Hadiningrat yang diwariskan turun temurun.Perbedaannya adalah jamu tersebut kini dibuat dengan menggunakan tekhnik dan mesin modern yang memenuhi standar kualitas dan keamanan yang ketat.

Semoga terinspirasi.....
Bila anda berminat untuk bergabung dengan bisnis saya silahkan kunjungi www.bisniswanitacerdas.net
    
Categories:

0 comments:

Post a Comment

    Follow Me

    Followers