Bisnis Ramah Lingkungan Daur Ulang Sampah

Dewasa ini,kesadaran masyarakat akan kepedulian lingkungan mulai meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan usaha pelestarian lingkungan yang semakin gencar. Jika pelestarian lingkungan juga bisa mendatangkan penghasilan pasti akan lebih menyenangkan. Banyak sekali jenis-jenis usaha yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan ini. Bisa kita sebut sebagai eco business. Ada 3 metoda yang perlu kita ketahui tentang eco business ini,yaitu: mendaur ulang (recycle), menggunakan (reuse) dan mengurangi atau (reduce). Dan ini adalah kesempatan bagi Wanita untuk menggali bisnis dibidang bisnis ramah lingkungan
Simak beberapa contoh bisnis di bidang eco business:

1. Bisnis Kerajinan Daur Ulang Sampah
Masalah sampah yang paling utama adalah sampah yang tidak bisa terurai oleh alam seperti plastik, kaleng,kaca,kain,busa, dan laiinya. Inilah yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan bisnis. Biasanya barang hasil daur ulang sampah jenis ini dipakai sebagai pelengkap aktifitas sehari-hari. Misalnya saja: disekitar rumah kita banyak terdapat kain belacu atau kain perca, daripada dibuang kita bisa menjahitnya untuk membuat keset, taplak meja, cempal dan masih banyak lagi. Tentunya masih banyak sisa bahan selain kain yang bisa kita gunakan untuk kemudian dijual dan mendatangkan keuntungan bagi kita para wanita. Jika kita lihat dari bahan jenis bisnis ini, bisa dikatakan melimpah dimana saja. Kita bisa mendapatkan dari berbagai sumber, misal: kain sisa atau perca dari penjahit pabrikan atau rumahan, kemudian sisa bungkus minuman kemasan serbuk atau sisa bungkus kemasan detergent bisa kita dapatkan dari rumah ke rumah. Soal biaya produksi bisnis ini tergolong murah karena mengandalkan kreatifitas untuk mencipta. Meski biaya bahan dan biaya produksi cenderung murah, harga jual produk ini pantas dihargai tinggi karena bisa jadi ada upah atas kreatifitas kita mengubah barang yang harusnya dibuang menjadi barang yang bisa dipakai lagi.

2. Bisnis Pupuk Alami
Membuat pupuk alami sendiri dapat mananggulangi masalah sampah. Karena selama ini sampah hanya dipindahkan dari rumah ke rumah ke penampingan sampah. TPA atau tempat pembuangan sampah tidak ada penyelesaiannya, inilah yang membuat rusak lingkungan kita. Bisnis pupuk alami adalah bisnis murah lainnya yang bisa dikembangkan oleh perempuan Indonesia. Bahannya berasal dari sampah basah yang jumlahnya melimpah, terutama dari sampah rumahtangga. Yang perlu dicermati dari bisnis pupuk alami ini adalah: (1) Bahannya adalah sampah basah rumah tangga, yang penanganannya tidak bisa dilakukan sendiri. (2) Soal harga jual, biasanya dihargai tinggi meskipun biaya produksinya tergolong murah. Hal ini disebabkan karena kegunaannya yang luar biasa.

3. Bisnis Distributor Produk Alami
Saat ini sangat beragam contohnya adalah: berkaitan dengan sanitasi, kecantikan,fesyen, transportasi. Menjadi agen cenderung lebih mudah ketimbang kita memproduksi barang sendiri. Hal yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana cara memasarkannya, bisa jadi kita membuka stand di pameran, kios di mal, di pasar ataukan dengan pemasaran online. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tentang produk knowledge dan alur proses produksi sehingga jika ada konsumen yang bertanya, kita sebagai agen/distributor tetap bisa menjawabnya.
Categories:

1 comment:

    Follow Me

    Followers